Hati hati bahaya Tungau

Hati – hati! Bahaya Tungau!

Bahaya Tungau! Patut Hati – hati!

 

Hati hati bahaya Tungau

 

Pernahkah terpikirkan dalam benak Anda Apa Itu Tungau ? dan bahwa ternyata binatang tungau  yang ukurannya sekecil debu ini ternyata membawa dampak besar terhadap gangguan kesehatan keluarga kita. Terutama orang tua dan anak – anak kita yang dalam kondisi kurang sehat, sangat mudah terserang bahaya Tungau ini.

 

Bahaya Tungau untuk kesehatan yang sering terjadi adalah alergi tungau dan bekas gigitan tungau. Alergi tungau yang kerap terjadi adalah pilek, batuk, alergi, sinusitis, asma, bersin-bersin. Sedangkan bekas gigitan tungau menyebabkan tubuh gatal-gatal dan terasa membengkak.

 

Baca juga : Apa Itu Tungau dan Bedanya Dengan Kutu Kasur

 

Bagaimana Tungau bisa sedemikian berbahaya?

Jika hanya beberapa puluh ekor tungau saja yang hidup di Kasur, mungkin tidak akan menyebabkan masalah. Tetapi yang perlu diketahui adalah perkembangbiakan koloni tungau sangatlah cepat dan makanan utama binatang tungau ini adalah sel – sel kulit mati manusia dan hewan.

 

Dari 100 ekor tungau dewasa, hanya dalam hitungan beberapa minggu saja, mereka sudah berkembang menjadi sekitar hamper 100.000 telur, dan rata – rata dalam kurun waktu 2-3 bulan koloni binatang tungau ini sudah berkembang menjadi sekitar 2 juta tungau dewasa…iiihhhh…serem gak sihhh??

 

Apalagi makanan mereka adalah dari sel kulit mati manusia dan hewan, dimana sel kulit mati ini biasanya banyak ditemui di Kasur, sofa dan karpet. Pantas saja tungau pun banyak ditemui di sana.

 

Tanda umum jika terkena alergi tungau biasanya akan sering bersin – bersin tanpa sebab, selanjutnya jika daya tahan tubuh lemah maka akan mudah pilek dan batuk – batuk. Sinusitis dan asma pada anak – anak yang tidak kunjung sembuh, harus kita curigai, bisa merupakan salah satu penyebab alergi tungau. Sebenarnya, yang menyebabkan reaksi alergi bukanlah binatang tungau ini, tetapi lebih tepatnya adalah protein yang terkandung pada kotoran binatang tungau ini.

 

Selain menyebabkan alergi, tungau bisa juga menyebabkan gatal – gatal lho!

 

Bekas gigitan tungau dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan terlihat sedikit membengkak dan jika sudah seperti ini, bekas gigitan tungau haruslah segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera.

 

Jadi, jika rumah Anda hingga saat ini belum pernah dibersihkan dari tungau, bayangkanlah jika jutaan tungau di rumah Anda ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab banyak masalah alergi dan gatal – gatal. Cepatlah bertindak, jangan menunggu kondisi kesehaan yang lebih buruk lagi. Investasikan sedikit pengeluaran bulanan Anda untuk membersihkan Tungau debu secara berkala dan rutin setiap 2 – 3 bulan sekali.

 

Baca juga :

 

Salam Bebas Tungau!

Ciptakan Rumah Sehat Lebih Nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

Dapatkan :

Voucher Diskon 50rb Plus Free Service Room Disinfection

Scroll to Top